Fasilitator

Salah satu tugas penyedia
Salah satu keterampilan penyedia handal adalah berbicara di depan orang banyak dan tetap harus semangat. 

Tesaurus Bahasa Indonesia menyebutkan makna kata fasilitator dengan cukup jelas, yakni Penyedia.

Arti penyedia dalam isi kepala saya yang banyak kosongnya ini adalah sebagai pelaku yang menyediakan. Entah barang, entah jasa, entah apa pun lah yang disediakan. Belum lama ini, saya kebetulan menjabat sebagai pelaku penyedia tersebut. Tempo lalu itu, saya tentunya bukan pemilik acara, saya menjadi kru yang berjabat fasilitator. Jabatan itu memerlukan keterampilan berbahasa inggris (verbal) dengan cukup baik dan tentunya harus mampu menjadi ceria/semangat. Posisi saya sebagai fasilitator berada dibawah manajemen sebuah PT. yang mengusung pendidikan luar ruangan. Menjadi seorang penyedia menurut saya mirip-mirip dengan menjadi panitia ospek yang pernah saya ikuti. Bedanya tentu di metode penyampaian. Sebagai penyedia tentunya harus tetap semangat dan enerjik serta murah senyum, apapun kondisinya. Beda kan dengan panitia ospek. Ospek yah ospek. Materinya bergantung pada simulasi ospek dan makna simulasi ospek. Sebagai sebuah fasilitator, media simulasi tersebut adalah games (permainan) sederhana. Permainan-permainan ini dapat tanpa alat maupun dengan bantuan sedikit alat.

Kali ini, klien PT. pendidikan luar ruangan tersebut adalah sebuah SMA internasional di Jakarta. Karena memakai emblem internasional tentunya diperlukan keahlian verbal berbahasa inggris. Klien kami ini adalah siswa-siswa kelas akhir yang akan menuju jenjang universitas tidak lama lagi. Maka, tugasnya adalah untuk menyiapkan mereka menuju jalan itu dengan jalan pendidikan luar ruangan. Lokasi luar ruangan yang disetujui oleh klien dan manajemen adalah Villa *** Asri, durasi yang disetujui adalah selama 3 hari. Pada kesempatan ini, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan kami menjadi pembimbing kelompok tersebut. Tentunya, komposisi masing-masing kelompok diacak sedemikian sehingga untuk menjamin keakraban yang lebih daripada teman kelasnya masing-masing. Tugas kami saat itu tidak mengharuskan untuk bersedia setiap waktu, melainkan ada slot waktu tertentu yang memang diperuntukkan. Pada slot waktu tersebut, kami memainkan simulasi-simulasi dalam bentuk permainan yang bermakna. Makna utama dari permainan itu utamanya adalah mengajarkan mengenai kekompakan dan kerjasama, kemandirian dan tanggung jawab individu hingga kejujuran dan kepercayaan.

Sehari menjelang, kami para penyedia diharuskan untuk datang ke lokasi untuk mendapatkan keterangan lengkap mengenai jadwal acara dan menyamakan perspektif yang ada. Jadwal acaranya meliputi permainan-permainan, treking hingga berkendara offroad. Secara keseluruhan, acaranya berlangsung dengan baik, meskipun jadwal yang dibuat banyak mengalami perubahan. Kendala terbesar terdapat di faktor cuaca dan penentuan waktu yang agak meleset dari jadwal. Secara tidak terduga, saya pun yang masih anak bawang ini juga mampu menjadi penyedia yang baik bagi kelompok saya, setidaknya itu kata anak-anak kelompok saya dan beberapa penyedia lain. Komunikasi yang bagus rasanya wajib menjadi penentu keberhasilan program bagi setiap penyedia.

Pada kesempatan berikutnya lagi (saya ternyata cukup beruntung untuk diajak kembali oleh PT. pendidikan luar ruangan yang lain) saya cukup/mulai menemukan ritme saya sebagai seorang penyedia. Saya merasa sangat beruntung untuk mendapatkan kesempatan ini, untuk bekerja sama dengan teman-teman penyedia lainnya. Banyak hal pelajaran positif yang dapat saya ambil dari kegiatan-kegiatan ini, terutama pengetahuan mengenai permainan-permainan nan lucu. Terima kasih dan terima kasih atas kesempatan yang diberikan.

Bandung 06 Maret 2014

Published by

ocean916

https://www.facebook.com/Dominic.Oki.Ismoyo

Leave a Reply

