Flores 0.49 Taman Laut Riung bagian 3

Bintang Laut Oreasteridae, umum ditemukan di daerah NTT.

Bagian 3 dari Riung ini rasanya cukup diterangkan dengan gambar. Katanya, sebuah gambar memberikan banyak cerita, ya sudah, biar gambar saja he he he… Sedikit tulisan diberikan kembali di akhir sebagai kesempatan saya untuk bersyukur dan berterima kasih atas sempatnya saya main di Riung.

 

Tamri Homestay Tampak Belakang
Home Stay itu ibaratnya menginap seperti dirumah bukan hotel, jadi barang dan interiornya yah seperti rumah tipikal
Dermaga tambahan yang mengapung. Tempat parkir perahu, disini tidak ada tukang parkir yang tiba-tiba nongol kalau mau keluar masuk perahu he he he.
Pulau Rutong, sisi sebelah selatan. Sebuah hamparan pantai yang agak landai. Panjang kapal sekitar 5 meter. Kedalaman pada buritan +/- 1 meter, pukul 11-13 siang.
(Abaikan Caption ini). Tidak ada kata yang tepat untuk keindahan ini. Pulau Rutong, sisi sebelah barat. Arus laut di batas warna biru (sebelah kanan) agak kencang dibandingkan dengan arus di pantai sebelah selatannya. Selat antar pulau.
(Abaikan Caption ini). Tidak ada kata yang tepat untuk keindahan ini. Pulau Tiga (kalau tidak salah nama). Batas warna biru air berkedalaman sekitar 1-2 meter, pukul 09-11 pagi.
(Abaikan Caption ini). Tidak ada kata yang tepat untuk keindahan ini. Pulau Rutong, dari atas tebing, ketinggian lebih dari 10 meter. Di depan nampak Desa Riung yang dikelilingi bukit savana.
Pulau Meja (kalau tidak salah nama), tampak di sisi utara Pulau Rutong. Perairan antaranya adalah perairan dangkal (kedalaman maks +/- 5 meter) dengan terumbu yang masih terjaga.
(Abaikan caption ini). Tidak ada kata yang tepat untuk keindahan ini. Perahu yang kami gunakan hari itu dengan latar belakang Laut dan Pulau Flores.
Ikan bibir tebal/Sweet lips/Plectorhinchus Vittatus (Ikan yang bergaris putih hitam dan outline kuning), Barhead Spinefoot/Siganus Virgatus (Ikan outline kuning dan loreng di kepala) dan (mungkin) keluarga dari ikan Monacanthidae di paling kanan ?? Cukup susah juga mengidentifikasi ikan bagi amatir seperti saya ini. Banyak keluarga ikan sepertinya cukup menandakan sehatnya karang disini.
(Abaikan caption ini). Tidak ada kata yang tepat untuk keindahan hamparan karang-karang yang sehat
(Masih) Hamparan karang yang sehat.
(Abaikan caption ini). Tidak ada kata yang tepat untuk keindahan ini.
Acropora Pulchra (kalau tidak salah), yang ini berwarna biru…keren. Aslinya ada buaanyyaakk..
Amphiprion Ocellaris/Clown Anemonefish atau ikan badut, ikan nemo. Di beberapa tempat dekatnya ada yang berwana lebih gelap, merah gelap.
Rumput laut. Ada tiga jenis rumput laut di indonesia yang mirip dengan foto diatas, rumput laut bergerigi, rumput laut berujung bulat dan rumput laut tropika. Karena ke-amatiran saya, saya kurang tahu rumput laut difoto ini termasuk yang mana atau bahkan ketiganya. Pffff…dasar amatir.
Blue Star/ Linckia Laevigata, bintang laut biru. Itu yang bertangan lima, bukan yang bernapas lewat snorkel hehe..
(Abaikan Caption ini). Tidak ada kata yang tepat untuk keindahan ini. Pantai di Pulau Tiga.
Atap Pulau Rutong.
Halaman belakang Pulau Rutong, dengan kedua mualim kapal.
Tenun Riung dan seorang ibu yang bangga.
Tenun Riung yang dipakai oleh perancang/pengrajinnya sendiri. Tahukah kamu, hampir setiap kampung di wilayah ini punya kekhasan tenunnya sendiri.

Ok. Mau tak mau saya akhiri juga post riung ini dengan beberapa foto ini. Yap, sama seperti kunjungan saya yang singkat, foto dan bahkan kata-kata yang panjang tidak cukup melukiskan taman laut ini.

KAMU HARUS ALAMI SENDIRI !!

Mudah-mudahan beberapa post Riung ini cukup menceritakan pengalaman kami kesini dan bisa menginspirasi anda untuk kesana dan menjaga keabadian taman laut  ini. Sama seperti saya yang menerus berkeinginan pergi kembali ke Riung.

Dari Riung, kami kembali ke Bajawa untuk mengunjungi Desa Megalitik Bena.

Advertisements

Published by

ocean916

https://www.facebook.com/Dominic.Oki.Ismoyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s