Cahaya Malam Indonesia

Indonesia_MalamHari1
Indonesia Malam

Lihatlah ! Indonesia pada malam hari. Citra ini adalah gambar komposit yang dikeluarkan oleh NASA menggunakan satelit SUOMI NPP yang diambil dari pertengahan April hingga akhir Oktober tahun 2012 lalu. Satelit NPP merupakan satelit berorbit polar (kutub) yang terbang 824 km diatas bumi. Dalam satu hari satelit ini terbang diatas satu area yang sama sebanyak dua kali, yaitu pada jam 01.30 dini hari dan 13.30 siang hari.

SuomiNPP2
Satelit polar Suomi NPP (http://www.jpss.noaa.gov/satellites.html)

Pandangan menakjubkan dari malam hari diatas bumi ini dimungkinkan oleh sensor VIIRS-nya. VIIRS merupakan singkatan dari Visible Infrared Imaging Radiometer Suite yang merupakan instrumen sensor untuk mendeteksi panjang gelombang cahaya hijau hingga (hampir) inframerah dan menggunakan filter untuk mengamati sinar redup seperti lampu kota, cahaya api, cahaya aurora, kebakaran dan pantulan sinar bulan. Dalam citra satelit ini, cahaya aurora, kebakaran dan cahaya semu (efek pembiasan, pantulan dsb) telah dihilangkan untuk lebih menampilkan cahaya lampu penerangan. Data yang didapatkan dari VIIRS ini kemudian ditumpangtindihkan pada citra Blue Marble Imagery untuk memberikan tampilan yang lebih nyata akan kondisi malam planet kita. Misi dari satelit ini ditangani langsung oleh NASA dengan dukungan dari NOAA dan sistem jaringan Joint Polar Satellite System.

SuomiNPP1
Bermacam instrumen yang dibawa dari satelit Suomi NPP (www.meted.ucar.edu/satmet/npp/print.htm)

Lihatlah Indonesia di malam hari ! Sekilas, bisa langsung terlihat ketimpangan antara wilayah barat dan timur Indonesia. Bahkan, di wilayah barat pun, Pulau Jawa tampak paling menonjol dibandingkan pulau lainnya. Pulau Jawa sangat terang, hampir semuanya diliputi cahaya lampu. Berbeda dengan Kalimantan yang hanya dipenuhi lampu di pinggir-pinggir pantai/sungainya. Kalimantan timur tampil paling terang dibandingkan kota Kalimantan lainnya. Predikat kota minyak sepertinya nyata terlihat dari jumlah lampu yang dinyalakan di Samarinda-Balikpapan. Sumatra, meskipun banyak kota besar seperti Palembang, Medan dan lainnya, pulau ini tetap tidak berlampu di banyak wilayah lainnya. Di bagian timur Indonesia, jelas perbedaannya, hanya di kota-kota besar yang tampak kegiatan di malam hari. Selain itu, kegelapan malam dominan meliputi kepulauan di timur Indonesia.

Indonesia_MalamHaribarat
Indonesia bagian barat di malam hari

Pulau Jawa malam hari adalah pulau besar yang paling terang di seantero Indonesia. Terlihat simpul-simpul cahaya yang jelas berurat di Jakarta sebagai ujung baratnya dan Surabaya sebagai simpul cahaya di ujung timur. Jakarta sebagai sebuah ibukota nampak sebagai sebuah kesatuan raksasa dari kota-kota sekitarnya seperti Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi. Diantara kedua kota itu, terlihat sebuah garis cahaya tipis memanjang dari Merak hingga Surabaya di pantai utara Pulau Jawa, itulah jalan pantai utara Jawa.

Indonesia_MalamHaritimur
Indonesia bagian timur di malam hari

Di Jawa Barat, Bandung menjadi simpul cahaya bagi kota-kota sekitarnya seperti Garut, Subang, Cianjur, Sukabumi, Cirebon dan kota lainnya. Jawa tengah mempunyai tiga simpul cahaya yang khas yang dikenal dengan Kota Yogyakarta, Kota Solo dan Kota Semarang. Pola radial simpul cahayanya pada ketiga kota tersebut menjadi magnet pergerakan wilayah sekitarnya. Terangnya Surabaya di Jawa Timur nampak menyaingi Jakarta dan nyata menjadi gerbang timur Indonesia. Malang, sebagai kota yang dingin dan asri tampak terhubung dengan jalan yang terang dari Surabaya, sepertinya banyak warga Surabaya yang senang ke Malang. Surabaya juga menjadi magnet bagi warga Pulau Madura, dekatnya Surabaya menjadikan Pulau Madura ini cukup terang di malam hari.

Jawamalam
Terangnya Pulau Jawa malam hari

Pulau Sumatra malam hari adalah pulau yang cukup gelap, kontras dengan kebesaran nama kota-kota besarnya. Jalan penghubung antar kota sewaktu malam terlihat temaram, berbeda sekali dengan jalan pantura Jawa. Simpul-simpul cahaya yang menjadi magnet bagi masyarakat Sumatera terfokus pada kota besarnya. Di selatannya, Bandar Lampung menjadi cahaya penyambung dari Pulau Jawa menuju Sumatera. Di tengah pulau terdapat Palembang, Jambi dan Pekanbaru sebagai titik-titik besar cahaya. Sedikit ke utara, Medan nampak jelas benderang dan urat cahayanya menyebar ke segala arah hingga ke Banda Aceh. Di bagian barat, atau di pantai barat Pulau Sumatera, hanya tampak Kota Padang yang menjadi pokok cahaya nya. Mayoritas pantai barat ini masih tertutupi kegelapan malam, meskipun ada titik cahaya Bengkulu di selatannya dan titik cahaya Sibolga serta Meulaboh di utara Padang. Kegelapan ini jelas sekali kalau kita lihat di pulau-pulau seperti Mentawai dan Nias.

Sumatramalam
Pulau Sumatera malam hari.

Kalimantan malam hari jelas benderang berada pada kota-kota pesisirnya, baik pesisir pantai atau pesisir sungai besarnya. Di timur, Kota Balikpapan dan Samarinda sudah tidak perlu ditanya lagi bagaimana caranya menghidupi lampu sedemikian banyak itu. Di selatannya terdapat percikan-percikan cahaya yang cukup merata antara Banjarmasin hingga Samarinda.  Di barat, cahaya Kota Pontianak menjadi pesaing Kota Kuching di Malaysia, keduanya bersinar hampir sama terang. Selain kota-kota tersebut tampak Pulau Kalimantan masih redup. Memang banyak titik cahaya kecil yang tersebar di pulau ini, mungkin itu bukan hanya kota/kampung tapi juga (sepertinya) area pertambangan.

Kalimantanmalam
Kalimantan malam hari.

Di Bali dan Nusa Tenggara (Barat dan Timur) yang nyata terihat benderang adalah Pulau Bali dan Lombok. Di Bali, megahnya cahaya Kota Denpasar hingga silaunya Jalan Legian semakin menyebar ke arah utara dan barat pulau Bali. Pertumbuhan Pulau Bali jelas terlihat dari terang cahaya lampu malam harinya. Di Lombok, Kota Mataram menjadi cahaya penerang dan pembuka ke daerah timur  lainnya, jalan lintas pulau ke sisi Lombok timur terlihat jelas terangnya. Titik penyeberangan di Sumbawa menjadi penyambung cahaya dari Pulau Lombok. Di pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya, simpul-simpul cahaya hanya terlihat pada kota-kota besarnya. Apakah anda tahu nama titik-titik kota itu.. ??

Sundakecilmalam
Sunda kecil malam hari.

Pulau Sulawesi mempunyai empat simpul cahaya paling terang yang bisa dikenali dari kotanya. Pertama, Kota Makassar di sisi selatannya, kedua, Kota Manado dengan jalan raya Manado-Bitung yang terangnya, ketiga, Kota Palu dengan teluk huruf U khasnya. Terakhir, atau yang keempat, ada seberkas cahaya terang dekat Kota Wotu di Sulawesi Tenggara. Dari penampakannya, cahaya terang tersebut berasal dari Danau Matana. Kurang diketahui penyebab cahaya terang tersebut, bahkan cahaya Kota Kendari pun kalah terang dengan cahaya tersebut.

Sulawesimalam
Sulawesi malam hari.

Terang Maluku dan Papua jelas berbeda dari pulau-pulau Indonesia lainnya. Terangnya terlihat hanya pada kota-kota besarnya. Garis cahaya Kota Ambon dan Kota Sorong menyinari pulau-pulau sekitarnya. Cahaya berbentuk huruf U yang mirip dengan Kota Palu sangat khas terlihat di Kota Ambon. Di selatan Kota Sorong terlihat beberapa berkas cahaya menerangi wilayah sebagian Raja Ampat. Di sisi timur dekat perbatasan, Kota Jayapura menyinari sebagian wilayah perbatasan Indonesia. Di tengah-tengah Papua, kota pertambangan Tembagapura dan Timika bersinar terang memancarkan warna emasnya. Hal yang cukup mencurigakan adalah percik-percik cahaya yang berada di selatan Kepulauan Aru. Cahaya-cahaya tersebut nampaknya berada di perairan dekat pulau, apakah itu armada-armada kapal ? Jika iya, armada kapal apakah yang berada diperairan itu ? Apakah ini pertanda armada kapal penangkap ikan yang sering mengambil ikan di wilayah Indonesia tanpa ijin?

MalukuPapuamalam
Maluku dan Papua malam hari.

Referensi :

  1. http://earthobservatory.nasa.gov/NaturalHazards/view.php?id=79790
  2. http://earthobservatory.nasa.gov/NaturalHazards/view.php?id=79765&eocn=related_to&eoci=related_image
  3. http://npp.gsfc.nasa.gov/
  4. http://www.nasa.gov/mission_pages/NPP/main/index.html
  5. https://en.wikipedia.org/wiki/Suomi_NPP
  6. http://visibleearth.nasa.gov/view_cat.php?categoryID=1484
  7. http://earthobservatory.nasa.gov/Features/BlueMarble/
Advertisements

Published by

ocean916

https://www.facebook.com/Dominic.Oki.Ismoyo

2 thoughts on “Cahaya Malam Indonesia”

    1. Terima kasih juga, sebenarnya banyak citra optis Indonesia yang banyak tidak diketahui orang-orang Indonesia sendiri dan kebanyakan diambil oleh orang non-Indonesia he he he.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s