Flores 0.69 Ruteng, Romo dan Rindu

P1030578
Jalan entah dimana, hanya untuk mobil dan motor pedesaan.

Selesai dari Cancar, matahari sudah meninggi. Saatnya makan siang kami pikir, tapi kami juga berencana menuju objek kunjungan kami berikutnya secepat mungkin. Turun dari punggung bukit tinjau Sawah Lodok Cancar, kami pun mengarahkan tujuan menuju Liang Bua, sembari mencari makan siang di jalan. Agak sulit juga mencari makan siang di sekitar sini, untungnya ada tukang bakso dipinggir jalan di bawah rimbunnya pohon.

P1030576
Pemandangan di jalan, masih asri, sungainya masih segar. Sisi baiknya tersesat 😛

Cocok. Menu ringan tapi padat. Obrol punya obrol, sang penjaja bakso ternyata berasal dari P. Jawa. Gerobaknya dibantu dengan motor, sehingga lebih lincah bergerak. Tipikal penjaja seperti Tukang Bakso umumnya, hanya saja, kalau tidak salah ingat, mie nya saja yang berwarna agak biru he he he. Jalan cukup sepi memang, jadi bubuk debu tidak begitu banyak masuk mangkok bakso kami. Rasanya masih ngeri sedap-sedap, beda kalau makan bakso pinggir jalan di kota besar di Pulau Jawa. Lebih terasa ngerinya hehehe…

P1030575
Jembatan sekedar jembatan, tapi artinya sangat penting bagi orang yang tinggal disini.

Jalan menuju Liang Bua seharusnya tidak begitu jauh dari lokasi Sawah Lodok Cancar, setidaknya menurut kami saat itu. Seperti (sudah) biasa, petunjuk menuju lokasi masih jarang terlihat. Beberapa kali kami menempuh jalan yang sama maupun yang terlalu jauh. Dengan waktu yang semakin terbatas ditambah dengan tersasar, kami pun akhirnya tidak mencapai Liang Bua. Walaupun begitu, kami sempat sampai pada sebuah desa yang sepi dengan pemandangan menakjubkan.

P1030568
Desa asri yang dimaksud (lebih baik lokasinya disembunyikan, biar tidak banyak turis yang merusak)

Lupa nama desa ini, tapi kami beralih ke gereja dan sekolah nya dan melihat pandangan yang memang khas pegunungan Manggarai. Gereja dan sekolah dibelakangnya ini terletak di kaki perbukitan. Bukit-bukit yang menjulang di depan mata dengan megahnya. Hawanya sejuk dan asri. Sempat juga kami bicara dengan Romo yang bertugas di gereja itu. Beliau mengatakan disini semua saudara, semua keluarga. Kami mengobrol layaknya seorang teman yang lama tak jumpa. Perkataan dan sikap yang hangat di hawa yang mulai dingin di sore itu.

P1030564
Cukup bilang WOW saja melihat deretan bukitnya.

P1030565 Sore yang semakin menjelang memaksa kami kembali ke kota agar tidak kemalaman. Sesampainya disana, memang sudah menjelang malam tapi cahaya masih nampak, kami pun menghabiskan waktu di Katedral Ruteng yang baru sekaligus makan malam nantinya.

2730FLORES2014
Katedral baru Ruteng dari dua sisi. Besar dan halamannya luas sekali.

2739FLORES2014

Katedral ini masih baru, warna putih catnya masih cemerlang. Rumput dan halamannya luas dan terpelihara baik. Sebagai sebuah Katedral, gereja ini besar sekali. Diresmikan pada tahun 2012 kemarin sebagai peringatan 100 tahunnya gereja katolik berdiri di Ruteng. Cukup lama juga yah..

P1030608 P1030613Di sebelah kanannya, terdapat 14 perhentian Oom Jes’ yang digunakan untuk mengenang Jalan Salib nya. Tidak jauh dari situ, terdapat juga makam para uskup Ruteng sebelumnya. Terdapat makam Romo  Mgr. Van Bekkum yang telah bertugas di Ruteng cukup lama. Sebagai seorang misionaris, beliau dapat dikatakan menjadi pionir dan ujung tombak dalam kehidupan masyarakat Ruteng saat itu, mungkin juga hingga saat ini.

P1030615
Mgr. Van Bekkum. Mau tidak mau diakui, orang ini berjasa sangat banyak bagi orang Ruteng.

Malam pun tiba, suhu menurun dengan cepat. Saatnya beristirahat, besok kami menuju persinggahan terakhir kami pada trip ini. Labuan Bajo. Selesailah kami di Ruteng ini dengan para Romo nya.

Advertisements

Published by

ocean916

https://www.facebook.com/Dominic.Oki.Ismoyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s