Tsunami Ambon tahun 1950

Iotic2
Halaman depan informasi tsunami ambon 1950 di website IOTIC.IOC-UNESCO

Belum lama ini, IOC-IOTIC (International Oceanographic Commision-Indian Ocean Tsunami Information Center) yang mengurus informasi tsunami di Samudera Hindia dan bertempat di UNESCO Jakarta baru saja mengeluarkan laman web mengenai tsunami di Ambon tahun 1950. Dari catatan sejarahnya (setidaknya dari googling kasar, tidak banyak ditemukan tsunami di Ambon) terlebih tsunami di tahun 1950 itu. Paling sering keluar informasinya adalah Tsunami Ambon tahun 1674, tahun yang jelas terlampau jauh dari tahun 2016 ini. Walau demikian, terdapat bukti-bukti tak terbantahkan kalau memang ada tsunami kala 1950 itu. Bukti yang memang bukan hanya ilmiah, tetapi bukti yang hidup. Dari studinya, tim IOC-IOTIC UNESCO Jakarta telah berhasil menyusun serangkaian bukti-bukti tersebut menjadi sebuah cerita yang patut dibaca dan diperhatikan bagi kita-kita yang sulit membayangkan kejadian di masa itu dan untuk pembelajaran kebencanaan di masa mendatang.

IMG_20151128_113209
Pantai Hutumuri 1

Ya, saya merasa, Ambon tahun 1950 adalah Ambon yang jelas sangat berbeda dengan Ambon saat ini. Secara de jure, baru lima tahun saja umur negara ini. Secara de facto perjuangan untuk menjadi sebuah negara berkedaulatan penuh masih terus berlangsung, di daerah maupun di pusat negara di Pulau Jawa. Pergolakan bermunculan di seantero negeri, menguji ketahanan pemerintahan baru. Salah satu dari pergolakan itu terjadi di Ambon sana, tuntutan-tuntuan mencuat dan pemerintah yang baru seumur jagung pun mengambil tindakan yang dirasa perlu.

IMG_20151128_114723
Pantai Hutumuri 2

Wajar rasanya kalau hidup semasa itu tidak banyak berpikir macam-macam. Makan tidur dan berjuang, makan tidur dan berjuang, makan tidur dan berjuang saja. Setidaknya berjuang untuk tetap hidup esok harinya. Ambon, selayaknya banyak kota lain di Indonesia kala itu adalah tempat untuk berjuang. Oleh karena itu, ketika sebuah gelombang besar datang dan menyapu sebuah kampung, tidak ada yang tahu fenomena apa yang telah terjadi dan terlebih lagi, apa yang bisa dilakukan saat dan setelah gelombang itu datang.

IMG_20151128_120622
Pantai Hutumuri 3 dan bongkahan karang yang aneh.

Fight or and Flight (Lari dan hadapi)

Hari ke delapan di bulan Oktober tahun 1950, bagi masyarakat Galala dan Hative Kecil serta masyarakat Kampung Hutumuri adalah hari minggu biasa, hari yang digunakan untuk beristirahat dan beribadah. Selain dari ketakutan akan bahaya senjata api dari pihak manapun semua berjalan normal selayaknya hari minggu-minggu yang lainnya. Tapi tanah yang bergoyang, tak berapa lama setelah selesai ibadat di gereja memberikan pertanda yang menggelisahkan dan yang menyusul setelah tanah goyang tersebut membuat orang berhamburan menuju tempat yang lebih tinggi.

IMG_20151128_175351
Muka Pantai Hative Kecil 1

Air naik dan air turun bergantian berturut-turut. Air laut naik dan turun menerjang kampung dengan ketinggian gelombang yang menghancurkan. Semua hancur berantakan dan tidak banyak yang bisa dilakukan warga kala itu selain menyelamatkan diri dan bertahan apa adanya.

IMG_20151128_175236
Muka Pantai Hative Kecil 2, dekat sekali dengan air laut.

Tanah goyang dan air turun naik merupakan istilah gempa dan tsunami bagi orang Ambon. Istilah yang barangkali lahir dari peristiwa ini. Peristiwa 8 Oktober 1950 itu masih sangat melekat di ingatan, terutama bagi para saksi yang masih ada hingga saat ini. 65 tahun kemudian, para penyintas kejadian tersebut yang kala itu masih belum dewasa sekarang telah menjadi Opa dan Oma bagi keluarganya dan dengan lancar menceritakan kembali pengalamannya sebagai saksi hidup peristiwa itu.

IOTIC
Cuplikan teks wawancara di laman IOTIC-IOC.

Walau demikian, tidak berarti semua kenangan pahit bisa dilupakan. Kehancuran dan dampak yang ditimbulkan bencana tersebut jelas melampaui batas waktu 65 tahun ini. Raut muka dan ekspresi kesedihan jelas tidak bisa disembunyikan dari rekaman video wawancaranya, lebih-lebih tangisan. Dengan demikian telah jelaslah, bahwa perihal bencana semacam ini jangan sampai terulang kembali, jangan sampai terjadi kembali kesedihan dan kepiluan semacam ini di masa depan.

Pustaka :

http://iotic.ioc-unesco.org/1950ambontsunami/

http://iotic.ioc-unesco.org/1950ambontsunami/air-turun-naik-di-tiga-negeri-hq.pdf

Advertisements

Published by

ocean916

https://www.facebook.com/Dominic.Oki.Ismoyo

2 thoughts on “Tsunami Ambon tahun 1950”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s