Indonesia, 17 Agustus 2016

P1040655
Tanah dan Air Indonesia. Tanah air.

71 tahun lalu, negara ini memilih hari lahirnya sendiri pada tanggal 17 Agustus 1945. Bangsa, negara Indonesia resmi lahir tanggal 17 Agustus 1945. Apakah orang-orang yang hidup di bumi nusantara ini sebelum tanggal keramat itu dianggap bukan orang Indonesia ? dipanggil apakah mereka kalau bukan orang Indonesia ?

Rasanya terlampau banyak sebutannya, sebutan asal daerah kiranya mendominasi beragam sebutan itu. Akan tetapi, mulai tanggal itu semua entitas, di semua negeri, di tanah nusantara ini diidentifikasi menjadi satu kata INDONESIA. Masa-masa itu, semua bangga berlabel kata itu, semua membela kata itu hingga titik darah penghabisan.

Sekarang ini…? Ah, siapa yang tahu…?

Apakah saya sebagai seorang individu bisa memilih tanggal kemerdekaan individu saya sendiri dari kebodohan, penindasan, kemalasan himgga kemiskinan ? dan kemudian mengganti nama saya menjadi sebuah individu baru ? dan kemudian mengganti hari lahir saya untuk merayakan dirgahayu kemerdekaan individu saya di tahun-tahun mendatang ?

Published by

ocean916

https://www.facebook.com/Dominic.Oki.Ismoyo

Leave a Reply

