Flores 0.75 Gua Batu Cermin

Gua Batu Cermin adalah objek wisata yang terletak di Labuan Bajo. Tidak jauh dari pusat keramaian Labuan Bajo, jarak tempuhnya kurang dari 5 km dari pelabuhan utama. Popularitasnya sebagai salah satu entitas pariwisata di Manggarai Barat, Flores turut terangkat seiring meningkatnya kunjungan ke Taman Nasional Komodo.

P1030759
Jalan setapak menuju Gua Batu Cermin

Menariknya Gua Batu Cermin ini ?

Well,…

Pada pertengahan tahun 2016 lalu terbit sebuah artikel di jurnal ilmiah Nature yang menyebutkan penemuan akan manusia Flores yang baru. Penemuan yang mengungkapkan fosil manusia baru di Flores yang berumur lebih tua. Manusia Mata Menge, manusia yang merupakan leluhur dari Manusia Liang Bua.

Cendawan besar pada dinding tinggi Gua Batu Cermin

Penemuan fosil manusia-manusia Flores ini adalah ujung penelitian yang dimulai sejak lama, sejak tahun 1950an oleh Theodorus Lambertus Verhoeven. Verhoeven adalah seorang misionaris yang mempunyai ketertarikan mendalam terhadap arkeologi. Seorang Pastur yang dilatar belakangi dengan ilmu arkeologi yang didapatkannya di Utrecht University. Di suatu waktu di tahun 1956, semasa bertugas di Flores, Verhoeven disuguhkan sebuah fosil tulang besar yang ditemukan oleh Raja Nagekeo, seorang raja lokal. Fosil tulang yang, setelah diselidiki lebih lanjut di Leiden, merupakan sebuah fosil tulang Stegodon. Temuan ini kemudian memantik jiwa arkeologi pada diri Verhoeven dan memicu rentetan penelitian arkeologi oleh para peneliti dunia di bumi Flores hingga sekarang.

Topografi dinding tebing di Gua Batu Cermin

Gua Batu Cermin juga ternyata ditemukan oleh Verhoeven pada tahun 1951. Pada tahun itu tentu saja tidak ada jalan setapak dan pohon-pohon bambu yang tertata dengan indah, apalagi tangga naik menuju interior guanya. Bayangan saya, Gua Batu Cermin kala itu masih merupakan gua liar penuh dengan semak-semak liar dengan peninggalan-peninggalan purbakala yang terlalu banyak memberikan pertanyaan “MENGAPA” pada benak seorang arkeolog.

P1030764
Asri. Jalan setapak menuju Gua Batu Cermin nya

Kalau semenjak penemuan tulang di 1956 beliau adalah seorang full time arkeolog dan part time misionaris maka di tahun 1951 saat menemukan Gua Batu Cermin beliau adalah seorang full time misionaris dan part time arkeolog.

p1030791_1
Kemilau Karbonat pada salah satu interior Gua Batu Cermin

Kala itu, beberapa ratus hari yang lalu, saat mengunjungi Gua Batu Cermin saya adalah full time wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi karena rasa penasaran akan kemilau mineral karbonatnya dan juga karena memang jaraknya dekat. Waktu saya sebagai full time wisatawan terlampau lowong, hitung-hitung jalan-jalan santai sembari menunggu keberangkatan esok hari menjenguk Si Komodo.

p1030780
Pohon perkasa dengan akar-akarnya yang panjang dan mengikat pada muka dinding Gua Batu Cermin

Jelas sekali kan, jaraknya yang hanya sepelemparan batu membuat Batu Cermin mudah sekali untuk dikunjungi untuk sekedar kabur dari bisingnya pelabuhan Labuan Bajo. Tidak sampai sejam dengan motor yang bisa disewa sendiri atau diantar dengan ojek kita sudah bisa merasakan keasrian lokasi Batu Cermin yang dipenuhi pepohonan rindang dan siulan si  burung Flame Breasted Sunbird nya. Disini penikmat alam bisa juga menemukan (kalau beruntung) bekas fosil kura-kura yang tercetak di dinding guanya dan bila mau lebih memperhatikan, melihat beberapa fosil-fosil karang laut.

p1030832_1
Flame Breasted Sunbird, banyak ditemui pada asrinya wilayah Gua Batu Cermin

Bagi kawan-kawan yang bisa mengkhayal cukup jauh, bisa juga membayangkan kehidupan manusia purba di Gua ini.

Ah, kalau begini, cukuplah rasanya alasan untuk mengunjungi Gua Batu Cermin ini.

p1030782
Tingginya dinding tebing Gua Batu Cermin, menandakan tebalnya terumbu karang pada zaman purbakala dahulu.

 

Published by

ocean916

https://www.facebook.com/Dominic.Oki.Ismoyo

Leave a Reply

